DAUN GENDOLA YANG BERKASIAT BAGI KESEHATAN

Gendola bernama latin basella rubra. Dikenal juga dengan nama gandola, gendola, lembayung, genjerot, gedrek, atau uci-uci. Gendola bersifat menghilangkan panas dalam, menghilangkan racun, dan mengeluarkan organisme penyebab penyakit dari dalam darah.
Pada bagian daun dari gendola Dan Obat Titan Gel ternyata sangat kaya akan glucan C, carotene, organic acid, mucopolysacharida (seperti l-arabinose, d-galactose, l-rhammose), aldonic acid, saponin, vitamin A, B, dan C.
Radang Usus Buntu
Tanaman gendola lengkap (akar, batang, bunga, dan daun) dengan berat antara 60-70 gram, rebus dengan air seukuran semua bagian tanaman bisa terendam semua, biarkan sampai air tersisa setengahnya. Dinginkan kemudian minum.
Influenza
15 gram daun segar gendola, rebus dengan 2 gelas air sampai air tersisa 1 gelas, kemudian saring dan tambahkan sedikit garam. Minumlah racikan tersebut.
Sembelit
Daun segar gendola dimasak, kemudian dimakan.
Kencing Sedikit Atau Anyang-Anyangan
Daun segar gendola 70 gram direbus, setelah dingin diminum seperti minum air teh.
Berak Darah
25 gram tanaman gendola lengkap, ditambah 35 gram kapulaga, ditambah 1 ekor ayam betina tua yang sudah dibuang kepala, kaki, dan jeroannya, dimasak dengan air secukupnya, kemudian dimakan.

Komentar